Loading
1724

4

14

Genre : Romance
Penulis : Amalia Zahra
Bab : 30
Pembaca : 81
Nama : Amalia Zahra
Buku : 1

Sampai Bertemu di Titik Terbaik Menurut Takdir

Sinopsis

Cinta adalah dua orang yang pernah saling menyayangi sebelum pada akhirnya saling menyakiti. Tidak ada kata cinta yang manis tanpa ada luka di dalamnya. Sekarang aku sadar kamu bukan lagi orang yang pantas untuk aku beri cinta. Tidak ada hal yang menyenangkan perihal kepergian. Aku sering berdoa pada Tuhan, untuk diberikan pasangan seperti apa yang aku mau. Tetapi aku lupa meminta agar diberikan jalan yang mudah untuk terus bisa bersamamu. Ternyata jalannya rumit dan Tuhan menghadirkan kamu di hidup aku sebagai pelajaran. Dan kembali denganmu bukanlah jalan terbaik. Menulis tulisan ini bukan karena aku ingin kamu sadar bahwa aku sangat menyayangimu. Tetapi aku tahu, tulisan ini tidak pernah berubah meski semuanya telah berubah. Kamu yang pergi meninggalkan aku hanya untuk dia. Kembali bersamamu bukanlah suatu pilihan yang tepat untuk aku. Lebih baik aku menyembuhkan luka dan memulai kembali dengan orang yang baru, dari pada aku harus kembali untuk kamu yang tidak mengerti bagaimana caranya untuk tetap bertahan. Aku tidak pernah menyalahkan kamu yang pernah hadir dalam hidupku, walaupun pada saat itu aku merasa beruntung memilikimu. Namun, Tuhan menghadirkan kamu memang bukan untukku. Kamu memilih perempuan lain lalu meninggalkanku. Tetapi aku banyak belajar dalam setiap proses hidup yang aku jalani. Hingga tulisan ini hadir sebagai kisah yang tidak pernah pudar meskipun peran seseorang di dalamnya sudah memiliki jalannya masing-masing. Cerita kita telah selesai, saat ini kita sama-sama menjadi dua orang asing yang pernah menyimpan cerita bersama. Terimakasih aku ucapkan untuk kamu seseorang yang pernah memberi warna dalam hidupku walau kebahagiaan yang kamu berikan sangat singkat, tetapi aku bangga bisa menjadi bagian dalam perjalanan hidupmu. Tidak ada yang salah dengan apa yang terjadi, hanya saja memang ceritanya sudah harus berhenti. Aku juga tidak ingin memaksa apa-apa. Untuk kamu bagian dari masa laluku sampai bertemu dititik terbaik menurut takdir. Level tertinggi dari mencintai adalah mengikhlaskan. Maka dari itu jika kamu ingin melepas seseorang bukan dengan cara kamu melupakannya, tetapi dengan cara kamu mengikhlaskan bahwa dia bukan lagi untukmu. Kenanganlah aku sebagai perempuan yang pernah mengisi ruang dihatimu walaupun itu singkat. Semua yang pernah ada biarlah tertinggal disana, menjadi kenangan dan cerita antara aku dan kamu setelah menjadi kita. “Nanti aku akan kembali menjadi seseorang yang kamu inginkan, sedangkan aku tidak menginginkanmu lagi”.
Tags :
Cinta

Bab 1 Kembali Bukanlah Pilihan yang Tepat (1)

15 2

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 328

Bab 1 Kembali Bukanlah Pilihan yang Tepat

Sering kali kita merasa bahwa apa yang terjadi dalam hidup terlebih perihal masa lalu bisa membuat kita kembali kedalamnya. Namun, hal tersebut bukanlah suatu pilihan yang tepat jika kita tidak ingin merasakan hal yang sama. Mungkin banyak bagi sebagian orang untuk memilih memperbaiki, tetapi bukanlah suatu jaminan bahwa luka pasti akan kau temui kembali. Sama seperti kamu membaca sebuah buku, selesai itu sama dengan tamat. Jika sudah selesai maka artinya kamu harus sudah berhenti. Tidak lagi bersama dengannya, dan menyudahi cerita yang telah usai.

Kita sering merasa bahwa bersama yang lalu lebih baik, dari pada memulai dengan yang baru. Tetapi tidak semua yang kamu perbaiki akan kembali seperti awal kamu membuka lembaran yang baru. Ibaratkan piring yang sudah hancur tidak akan kembali utuh seperti sedia kala. Walaupun disatukan kembali pecahan tersebut tidak akan menyatu sepenuhnya. Dalam hidup ada dua kemungkinan yang Tuhan berikan untuk kita, pertama dia sudah mempersiapkan yang terbaik untukmu dan yang kedua dia akan kembali dengan versi yang lebih baik.

Walaupun akan kembali, luka yang pernah menggores dalam hati tidak akan sepenuhnya hilang, rasa yang mungkin kembali tapi kenangan akan selalu kamu ingat. Menyudahi cerita yang telah usai memang bukanlah suatu hal mudah, kamu harus mampu membuka kembali hatimu dan memulai kembali bersama dengan orang yang baru. Orang baru dalam hidup, memang kita tidak pernah tahu apa yang akan dia berikan untuk kita, entah bahagia atau luka yang kita dapatkan kembali. Tetapi setidaknya kita tidak akan mengulangi kesalahan yang sama dengan orang yang sama.

Dulu aku berharap kembali denganmu adalah pilihan yang tepat. Mengukir cerita kembali yang sempat terhenti, memulai hal baru dengan orang yang sama. Namun, ternyata jawabanku salah. Bersamamu kembali bukanlah jalan untuk aku memperbaiki luka, yang aku dapatkan kembali hanyalah luka yang sama, kesalahan yang sama, dan dengan orang yang sama. Berharap bahagia bersamamu bisa aku temukan kembali di dalamnya. Tapi tenyata aku salah. Kebahagiaan dalam diriku adalah melepaskan dan menyudahi kisah yang telah usai.

 

user

27 September 2021 12:15 Merri Suharweny Ceritanya bagus banget. Semoga segera jadi buku????

user

05 December 2021 21:08 Shofie Widdianto Next

Kembali Bukanlah Pilihan yang Tepat (2)

3 1

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 328

Seperti halnya aku menyukai dirimu yang tak perlu aku jelaskan, namun kamu memberi luka untukku yang sangat dalam. Apa yang aku takutkan akhirnya terjadi juga, perlahan kamu menghilang dari hidupku, sekarang hanya kenangan yang aku simpan untuk jadi cerita. Terimakasih untukmu yang pernah memberi warna dalam hidup. Walau pada akhirnya luka dan air mata kamu berikan juga untukku. Kini aku hanya bisa menerima kenyataan, bahwa kamu tidak akan pernah kembali lagi dalam kehidupanku. Kadang tiap kali aku ingin menyapamu lewat pesan yang ku kirim "Hai apa kabar?". Namun, aku rasa pesan tersebut tidak akan membuatmu kembali untuk bersamaku lagi. Setelah patah hati rasanya susah untuk kembali aku membuka hati, tapi bersamamu bukan suatu pilihan untuk aku kembali menemukan kebahagiaan. Menjalani hidupku sendiri, menyibukkan waktu agar aku bisa cepat untuk melupakan kamu.

Canda dan tawa masih lekat dalam ingatanku. Tentang dirimu, tentang kita, dan kenangan yang masih tersimpan di dalamnya. Tetapi saat ini aku menjadi orang asing yang hadir dalam hidupmu. Aku tidak bisa berbuat apa-apa selain belajar menerima bahwa aku harus melepaskanmu.  Perasaan memang bisa tumbuh dan berubah kapan saja. Bisa saja hari ini kamu sangat mencintaiku, besok malah menjadi orang asing seolah kamu tidak pernah mengenal aku. Sebagai orang yang pernah bersamamu, aku ingin kamu bahagia meski sejujurnya aku masih ingin kamu yang menemaniku. Tetapi tidak apa, Tuhan lah yang punya kuasa atas kehendaknya. Tuhan menghadiahkan kamu dalam hidup untuk menjadi pelajaran. Terimakasih pernah memberi bahagia dan terimakasih juga pernah memberi luka.

Jika kamu membutuhkan aku kembali, aku masih tetap orang yang sama hanya saja dengan rasa yang berbeda. Aku tidak pernah membencimu atas luka yang pernah kamu beri di hati, tapi bersamamu kembali bukanlah pilihan yang tepat untukku. Aku harus kembali memulai hidup baru dengan seseorang yang baru. Perjalanan dan prosesku untuk melepasmu bukanlah perkara yang mudah. Namamu sering kali muncul dalam ingatanku, membuat aku susah untuk melupakanmu. Tetapi aku tidak ingin kembali bersamamu. Mengapa Tuhan menghadirkan dirimu dalam hidup aku jika hanya untuk memberi luka.

user

07 October 2021 20:51 Selly Melisani Semangat, Kak! Kisahnya mewakili perasanku :)

Kembali Bukanlah Pilihan yang Tepat (3)

2 1

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 328 

Tetapi aku sadar, dalam setiap peristiwa akan selalu ada pelajaran yang berharga di dalamnya. Bagaimana kamu bisa mencintai dirimu sebelum kamu belajar untuk mencintai orang lain. Aku sadar segala hal yang kita mulai pasti akan berakhir, saat cerita tersebut memang sudah harus berhenti. Tidak ada hal yang menyenangkan perihal kepergian. Akan menjadi hal yang menyakitkan dan juga menyedihkan untukku. Tetapi aku tidak bisa memaksamu untuk tetap terus bersamaku. Aku tidak ingin kamu bersamaku bukan karena rasa untuk saling menyayangi, tetapi karena kamu tidak ingin membuatku sedih saja. Aku ingin siapapun yang tinggal bukan karena rasa terpaksa, tetapi dia yang ingin singgah karena ingin membuat cerita dalam hidup bersamaku.

Tidak apa pergilah jika memang jalan tersebut membuatmu terbebas dariku. Tetapi jangan kembali, karena aku tahu kembali bersamamu adalah suatu kesalahan dan bukan jawaban yang tepat untuk aku bisa menyembuhkan luka. Kamu harus percaya satu hal yang penting dalam hidup, jika kamu milikku sejauh apapun kamu melangkah dan dengan siapapun kamu bersama, kamu akan kembali untuk aku. Kamu tidak akan menemukan diri aku dalam diri orang lain. Lakukan jika meninggalkanku membuat dirimu senang. Kini kamu dan aku hanyalah cerita yang pernah kita buat bersama, yang mungkin saat ini menjadi sebuah kenangan. Cinta adalah dua orang yang pernah saling menyayangi sebelum pada akhirnya saling menyakiti.   

Setelah kita lelah pada akhirnya saling melepaskan, tolong jangan biarkan dia yang hadir di hidupmu untuk menggantikan aku sebagai pasanganmu, kamu perlakukan sama layaknya ketika kamu bersamaku. Aku ikhlas jika kamu melepaskan aku, tetapi aku tidak akan pernah ikhlas jika kamu memperlakukam dia layaknya aku. Aku pikir setelah lepas dari kamu, mencoba kembali untuk bersamamu akan menjadi hal yang menyenangkan tapi ternyata tidak sama sekali, kamu hanya menjadikan aku sebagai sebuah pilihan atas hidup kamu. Harusnya kamu sadar betapa dalamnya aku terluka karena sikap kamu. Dulu kita selalu bisa menemukan jalan keluar dari segala masalah yang pernah kita lalui bersama, tetapi sekarang kenapa kamu memilih untuk pergi. Pergi bersama seseorang yang hadirnya tidak pernah aku harapkan.

user

13 June 2022 13:29 Hesda Pranoto bagus jalan ceritanya, kak

Kembali Bukanlah Pilihan yang Tepat (4)

1 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 319

Menulis tulisan ini bukan karena aku ingin kamu sadar bahwa aku sangat menyayangimu. Tetapi aku tahu, tulisan ini tidak pernah berubah meski semuanya telah berubah. Kamu yang pergi meninggalkan aku hanya untuk dia. Kembali bersamamu bukanlah suatu pilihan yang tepat untuk aku. Lebih baik aku menyembuhkan luka dan memulai kembali dengan orang yang baru, dari pada aku harus kembali untuk kamu yang tidak mengerti bagaimana caranya untuk tetap bertahan. Aku sadar aku memang manusia berbeda yang mungkin baru kamu temukan sepanjang hidupmu. Manusia dingin yang memiliki sikap seperti kulkas yang dingin dan tidak tahu bagaimana menjadi seorang pasangan yang kamu inginkan. Aku menutupi semua omongan mereka yang tidak ingin kita bersatu. Mengapa dalam dirimu tidak ada usaha untuk terus mempertahankan itu, mengapa kamu memilih dia yang baru saja kamu kenal.

Tetapi tidak apa, kembali bersamamu adalah jalan yang tidak mungkin aku lalui. Aku tidak ingin membuat luka denganmu kembali, karena kembali bersamamu hanyalah mengembalikan luka-luka yang hampir hilang dalam hati. Selama ini aku memilih menyibukan diri untuk aku bisa melupakanmu, melupakan semua hal yang pernah terjadi antara aku dan kamu hingga akhirnya menjadi kita dan cerita yang telah usai.

“Nanti aku akan kembali menjadi seseorang yang kamu inginkan, sedangkan aku tidak menginginkanmu lagi”.

Aku bukan tidak mampu untuk menjalani hidup tanpamu. Hanya saja aku belum terbiasa tanpa kehadiranmu. Hidupku masih akan tetap berjalan walaupun tanpa kamu yang menemani. Meski mungkin pada akhirnya aku akan merindukan kamu yang telah lama bersamamu dalam menjalani hidup. Sebab segala hal yang aku jalani pada saat itu sudah menjadi kebiasaan denganmu. Mau tidak mau pada hari ini aku menjalani kehidupan yang baru, tanpamu dan cerita yang ada di dalamnya bersamamu. Aku sering berdoa pada Tuhan, untuk diberikan pasangan seperti apa yang aku mau. Tetapi aku lupa meminta agar diberikan jalan yang mudah untuk terus bisa bersamamu. Ternyata jalannya rumit dan Tuhan menghadirkan kamu di hidup aku sebagai pelajaran. Dan kembali denganmu bukanlah jalan terbaik.

Bab 2 Level Tertinggi Mencintai Adalah Mengikhlaskan (1)

8 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 471

Bab 2 Level Tertinggi Mencintai Adalah Mengikhlaskan 

Untuk kamu disana, mengetahui dan memastikan kabarmu baik-baik saja sudah menjadi salah satu cara yang membuatku bahagia. Tentang ingatan aku bersamamu yang masih saja sering muncul dalam kepalaku, tetapi bersamamu kembali bukan juga perihal yang bisa aku genggam saat ini. Cerita kita telah selesai, saat ini kita sama-sama menjadi dua orang asing yang pernah menyimpan cerita bersama. Terimakasih aku ucapkan untuk kamu seseorang yang pernah memberi warna dalam hidupku walau kebahagiaan yang kamu berikan sangat singkat, tetapi aku bangga bisa menjadi bagian dalam perjalanan hidupmu. Tidak ada yang salah dengan apa yang terjadi, hanya saja memang ceritanya sudah harus berhenti. Aku juga tidak ingin memaksa apa-apa. Untuk kamu bagian dari masa laluku sampai bertemu dititik terbaik menurut takdir.

Sejujurnya dulu aku adalah orang yang paling patah dan kecewa saat tahu kamu menginginkan kita untuk berhenti sampai disini. Akhirnya aku bisa mengikhlaskan seseorang tanpa harus memblokir sosial medianya. Bahkan kalimat manis dan bullshitnya masih tersimpan rapi di pesan berbintang. Panggilan telepon dari kamu masih ada dalam kontak panggilan, dari semua hanyalah panggilan telponmu yang selalu aku nanti. Bahkan semua foto dan videonya masih tertata rapi dalam galeri dengan album tersendiri.

Dan suatu hari nanti kamu bakal sadar dan menyesal karena kamu telah kehilangan orang sebaik aku. Kamu ga akan pernah nemuin sosok aku dalam diri orang lain. Sekalipun kamu mengejar seseorang yang sangat kamu harapkan kehadirannya. Ga enak banget punya perasaan labil kaya gini ke kamu, kadang ngerasa udah move on, udah bisa lupain kamu, tapi kadang ngerasa kangen banget. Kadang ngerasa udah ikhlas tapi tiba-tiba ngerasa belum rela lepasin kamu sepenuhnya. Mau suka sama yang lain tapi perasaan masih kalah sama masa lalu. Dan kembali bersamamu adalah suatu hal yang tidak mungkin untuk terjadi kembali.

Begitu cepat kamu menemukan sosok baru pengganti diriku dalam hidup kamu. Apa kamu tidak sadar, bahwa apa yang kamu lakukan sangat melukai perasaan. Apa kehadiran aku dalam hidupmu saat itu tidak berarti sama sekali untukmu, seistimewa apa penggantiku sehingga kamu bisa dengan cepat melupakan aku. Dulu, aku terlalu nyaman denganmu. Hingga aku berpikir kalau kamu merasakan hal yang sama, tetapi ternyata aku salah. Kamu meninggalkan aku begitu saja tanpa alasan yang jelas. Kamu memilih mengakhiri yang telah kita ukir bersama selama ini.

Aku terluka, tetapi masih mengharapkan kamu kembali betapa bodohnya aku. Aku yang sudah kamu lukai masih menginginkan kembali denganmu. Seseorang yang pernah memberi luka, tetapi kehadirannya masih aku harapkan. Satu hal yang tidak pernah kamu tahu, aku pernah menangis sejadi-jadinya hanya karena aku tidak ingin kamu pergi. Tetapi tetap saja kamu pergi dan meninggalkan aku hanya untuk dia. Dia yang kehadirannya tidak pernah aku harapkan. Semua harapan yang sudah kita bangun selama ini sia-sia, cerita yang kita ukir sejauh ini hanya tinggal sebuah kenangan. Tetapi aku harus tetap terlihat baik-baik saja meskipun dia hadir dan menghancurkan semua.

Level Tertinggi Mencintai Adalah Mengikhlaskan (2)

2 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

 - Jumlah Kata 376

Terkadang aku merasa cinta yang hadir tidak pernah berlaku adil. Aku yang begitu dalam mencintaimu, tetapi kamu abaikan dan memilih dia yang baru saja kamu kenal. Dalam hidup terkadang kita belum mampu untuk mengerti arti sebuah keikhlasan. Belajar menjadi manusia yang ikhlas memang lah tidak mudah. Terkadang manusia bisa berkata ikhlas lewat bibir yang ia ucapkan, tetapi hatinya belum mampu untuk sepenuhnya ikhlas. Aku sadar kunci dari segala hidup hanyalah belajar menjadi manusia yang ikhlas.

Dalam hidup tidak perlu pergi ke ujung dunia untuk belajar tentang cinta dan keikhlasan. Jagalah dengan baik orang-orang yang telah membuatmu bahagia, sebelum kamu benar-benar merasa kehilangan. Sebab penyesalan tidak akan bisa mengubah sesuatu yang sudah hilang. Kehilangan yang paling berat adalah kenyataan bahwa aku terlambat untuk membahagiakanmu. Aku banyak belajar bahwa level mencintai dan menyayangi seseorang hanyalah sebuah keikhlasan.

Ada saatnya kita memang harus merenung dengan apa yang pernah terjadi dalam hidup. Salah satunya mengapa dulu aku sekeras itu untuk memperjuangkanmu, yang jelas-jelas kamu sudah tidak mengharapkan aku. Mengapa dulu aku sekuat itu untuk terus bertahan, mempertahankan suatu hubungan yang di dalamnya sudah tidak di temukannya kata untuk pulang. Aku hanya ingin mengikhlaskanmu, karena merenung adalah cara terbaik untuk memperbiki diri agar aku tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari. Aku memilih untuk sendiri saat ini, karena pada saat itu aku pernah fokus hanya kepada seseorang, pernah membuka hati untuk seseorang, dan berpikir bahwa kamu yang hadir di hidup aku bisa menyembuhkan luka di masa laluku. Teryata sikap kamu menunjukkan untuk aku lebih baik sendiri dan tidak berharap mendapatkan kebahagiaan dari seseorang.

Semakin aku berharap dengan seseorang, untuk bisa memberi kebahagiaan dalam hidup. Maka semakin besar juga rasa sakit hati dan kecewa yang aku dapatkan. Aku tidak ingin terus menerus melukai diri sendiri. Aku ingin membahagiakn diriku terlebih dahulu. Jika aku sudah mampu untuk memberi kebahagiaan dalam diri aku, baru aku akan memulai untuk memberi kebehagiian untuk orang lain juga. Mulai saat ini aku mengikhlaskanmu untuk pergi dari kehidupanku. Aku tidak pernah berharap untuk kamu kembali. Karena aku tidak tahu, apa yang akan kamu beri jika kamu kembali. Entah bahagia yang aku dapatkan atau luka kembali di masa lalu yang aku terima. Tolong beri aku ruang untuk diriku bisa berdamai dengan semuanya. Setelah kamu tinggalkan aku tanpa rasa bersalah.

Level Tertinggi Mencintai Adalah Mengikhlaskan (3)

2 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 383

Mengapa kamu hadir untuk memberi luka, luka yang membuat seseorang enggan untuk membuka hatinya kembali karena rasa trauma yang kamu berikan. Dia dipatahkan olehmu tapi menutup diri untuk semua orang. Jahat sekali bukan?, tetapi tidak pernah ada rasa dendam atau pun benci dalam dirinya. Betapa hebat perempuan yang sudah kamu sakiti hatinya tapi masih bisa memaafkanmu. Bahkan dia mengikhlaskan kamu hanya untuk dia, perempuan yang baru saja kamu kenal. Perempuan yang kamu sakiti mencoba untuk tenang dan belajar untuk menerima. Walaupun kenyataannya adalah pahit, mencintai seseorang yang sangat ia cintai, pada akhinya semua perjuangannya hanyalah sia-sia.

Kenyamanan yang kamu berikan ternyata sebagai luka yang saat ini aku rasakan. Tanpa kamu sadari perempuan yang kamu sakiti hatinya adalah perempuan yang dengan sungguh-sungguh ingin dimiliki oleh banyak orang. Apa tidak ada rasa bersyukur dalam dirimu, tidak ada rasa beruntung memiliki perempuan yang mandiri, dewasa, pintar dan juga diinginkan oleh banyak orang. Namun, apa yang kita miliki terkadang tidak akan pernah cukup jika seseorang yang bersama kita tidak pandai untuk bersyukur.

Mau secantik apapun aku, mau sebaik apapun aku, mau setulus apapun aku, dan sepintar apapun aku, bukan jaminan untuk kamu tetap stay bersamaku. Kamu akan stay jika kamu ingin, dan kamu akan pergi jika kehadiranku sudah tidak diharapkan olehmu. Bagaimana pun kita adalah dua orang yang pernah sama-sama memperjuangkan. Walau pada akhinya level tertinggi mencintai adalah mengikhlaskan kamu. Aku tidak menginginkanmu lagi. Tidak akan juga merebutmu dari seseorang yang bersamamu saat ini, karena aku tahu perempuan dewasa tidak akan merebut kebahagiaan milik orang lain.

Aku pikir, hidup perkara apa yang kita jalani berdua, tapi ternyata aku salah tanpa kamu aku masih mampu menjalani hidup. Bahkan jauh sebelum mengenal kamu aku masih bisa merasakan kebahagiaan, tanpa mengharapkan bahagia dari orang lain. Selama bersama kamu, aku terlalu berharap bahwa bahagiaku hanya bersamamu, setelah kamu pergi kebahagiaan itu tidak aku temukan lagi. Tetapi sekarang aku bisa membuktikan bahwa tanpa kamu aku masih bisa bahagia, bahkan jauh lebih bahagia. Tidak ada lagi hati yang harus aku jaga, menunggu kabar darimu, dan bergantung kebahagiaan hidup aku ke kamu. Meski aku juga sulit untuk menjelaskan, bagian mana yang membuat orang bahagia dalam menikmati perasaan yang pernah terluka. Namun, itulah kenyataan. Terkadang, kenyataan memang tidak masuk akal atau memang akalku yang tidak menerima, bahwa kamu sudah tidak menjadi bagian dari perjalanan hidupku.

Level Tertinggi Mencintai Adalah Mengikhlaskan (4)

35 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 413

Hari demi hari berganti, bulan dan tahun pun ikut berganti. Namun, aku belum juga mampu menemukan sosok penggantimu meskipun hatiku sudah ikhlas untuk melepasmu. Rasanya aku hanya ingin sendiri, tanpa cinta, tanpa seseorang yang harus menemani hari-hariku. Tetapi jika melihat orang lain ada rasa dalam diriku untuk ingin memiliki seseorang. Aku hanya takut jatuh dalam kegagalan seperti bersamamu, kembali menyembuhkan luka, beradaptasi dengan keadaan. Ahhh rasanya malas sekali, tetapi aku membutuhkan seseorang yang bisa mendengarkan keluh kesahku tanpa harus meninggalkan aku sepertimu dulu. Aku sudah ikhlas dan memaafkanmu tapi aku sulit percaya kembali kepada seseorang.

Tenang saja, aku tidak akan mengharapkanmu lagi. Perlahan rasa dalam diriku mulai menghilang, diam-diam aku menyembuhkan luka tanpa bantuan seseorang. Aku hanya tidak ingin orang lain menjadi korban dari lukaku. Aku lah yang punya kendali atas diriku sendiri. Entah jeda atau seseorang yang aku butuhkan. Jika aku membutuhkan jeda, dan luka yang aku rasakan sudah kembali pulih aku tidak akan membutuhkan seseorang itu lagi. Tetapi, jika aku membutuhkan seseorang rasanya sulit untuk percaya kembali kepada orang yang baru saja aku kenal. Salahku memang terlalu cepat percaya kepada kamu. Aku berpikir kamu akan membuat bahagia, ternyata hanya kebahagiaan sementara.

Salahku terlalu membiarkan perasaanku terlalu dalam untuk kamu. Orang yang tidak tahu bagaimana caranya menghargai. Namun, sudahlah aku tidak menyesali apapun. Semua sudah terjadi. Saat ini aku pun sudah mengikhlaskanmu, tetapi luka yang kamu beri akan selalu aku ingat sampai kapanpun. Kembali lah jika kamu membutuhkan teman untuk bercerita, tetapi jangan kembali sebagai orang yang pernah memberi warna dalam hidup. Karena menyembuhkan luka tidak semudah jatuh cinta. Jatuh cinta akan memberi warna yang berkesan dalam setiap ceritanya. Namun, memberi luka akan selalu menjadi ingatan yang tidak akan lepas dalam memori kenangan. Meskipun orangnya sudah pergi, tetapi kenangannya akan selalu ada.

Seandainya aku bisa mencintaimu lebih lama. Kamu memberikan aku kesempatan untuk menjadi seseorang seperti apa yang kamu inginkan, aku akan memperbaiki kesalahanku sekalipun kamu yang meninggalkan. Aku tahu saat bersamamu aku egois, karena aku tidak ingin kehilangan sosok pria sepertimu. Aku tidak ingin kamu dekat dengan siapapun selain aku. Tapi aku memberimu kebebasan karena aku tahu, hidup kamu di dalamnya ga cuma ada aku. Kamu memiliki keluarga, teman, dan hidup yang ingin kamu nikmati. Aku ga mau jadi beban buat kamu, hanya itu saja. Tetapi, kamu menyalahkan arti dari itu semua. Aku menyadari bahwa aku egois, tetapi aku pun punya alasan untuk itu. Aku sudah merelakanmu, aku sudah membiarkanmu lepas, dan aku sudah mengikhlaskanmu menjadi bagian dari yang lain.

Level Tertinggi Mencintai Adalah Mengikhlaskan (5)

86 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 304

Semoga kamu bahagia dengan jalan hidupmu, yang kamu pilih setelah mengabaikan aku. Perlahan aku sudah tidak peduli tentangmu, bahkan ketika aku melihat storymu dengan dia, tidak ada lagi rasa cemburu dalam diri aku. Karena aku tahu, bahwa cinta belajar untuk saling mengimbangi. Aku pun tahu, kamu baik-baik saja tanpa aku, tidak ada rasa menyesal sedikit pun. Berbeda denganku yang merasa kehilangan terlalu dalam atas kepergianmu. Aku akan lebih baik lagi jika tidak mengharapkanmu. Tetaplah bahagia tanpa aku, kenanganlah aku sebagai perempuan yang pernah mengisi ruang dihatimu walaupun itu singkat. Semua yang pernah ada biarlah tertinggal disana, menjadi kenangan dan cerita antara aku dan kamu setelah menjadi kita.

Terkadang ada rasa dalam diri aku untuk memperjuangkan kita. Tetapi, ketidakmungkinan yang mungkin terjadi. Langkah kita sudah berbeda, rumahmu bukan lagi aku. Orang yang mencemaskanmu saat tidak ada kabar bukan lagi aku, orang yang sering ibumu tanyakan bukan lagi aku. Hingga akhirnya aku memilih menyerah, menerima, dan mengikhlaskanmu. Kenang kita sebagai dua orang yang pernah sama-sama memberi warna. Aku sering kali merindukan pertanyaan ibumu “Amel kemana ko ga pernah kesini lagi?”. Pertanyaan yang sangat singkat namun membuat aku merasa bangga dimiliki olehmu. Namun, pertanyaan itu sudah lagi tidak aku dengar setalah datangnya dia yang menghacurkan kepercayaan yang sudah aku beri untuk kamu.

Jika aku bisa memilih aku ingin terus bersamamu, tetapi kita sudah tidak bisa lagi terikat. Kamu bahagia ya disana, bahagia tanpa aku. Sebab, kita tidak akan pernah bisa lagi untuk mengulang. Dan untuk ibumu terimakasih pernah memberi ruang untuk aku bisa bersama denganmu. Mengasihiku layaknya aku seperti anaknya. Namun, saat ini ceritanya sudah berbeda. Aku tidak lagi bisa bertemu dengan ibumu, dan aku menjadi orang asing dihidupmu. Walaupun hubunganku dengan keluargamu baik-baik saja, tetapi kita sudah tidak lagi bisa terikat. Aku manusia yang memiliki batas lelahnya. Hingga saat kamu pergi meninggalkan, aku memutuskan untuk mengikhlaskanmu pergi.

Level Tertinggi Mencintai Adalah Mengikhlaskan (6)

259 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 360 

Aku menyimpanmu dalam cerita kenangan yang selalu aku ingat kapanpun aku merindukanmu. Dari langit yang selalu aku tatap, aku menitipkan rindu pada langit untuk kamu. Semoga kamu merindukan aku kembali, seseorang di masa lalumu yang pernah menempati ruang dalam hatimu. Walau terkadang aku mengenang betapa bodohnya aku dulu hanya untuk kamu. Tetapi aku ingin menikmati lagi saat-saat bersamamu. Membuat cerita tanpa berakhir menjadi kenangan. Teruntuk kamu seseorang di masa laluku, terimakasih atas segala bahagia yang pernah kamu berikan, hingga luka yang aku rasakan. Aku menerima dan aku mengikhlaskanmu.

Mungkin kita memang tidak akan bisa lagi seperti dulu. Rasa itu memang sudah aku biasakan untuk tidak ada lagi. Biarkan semua mengalir, dan luka yang aku tanggung sendiri. Aku masih bersedia berbicara dan bercerita denganmu, tetapi tidak untuk kembali. Aku masih mau bertemu denganmu, tetapi tidak untuk membuat cerita kembali seperti dulu. Membiasakan diri menjadi seseorang yang tidak pernah ada hubungan ikatan memang tidaklah mudah. Tetapi, saat ini cerita yang kita buat bersama sudah selesai. Jadilah dua orang yang tidak pernah sama-sama membenci, karena pernah saling menjaga satu sama lain. Nikmati segala luka sebagai hadiah atas apa yang pernah kamu lakukan, dan jadikan lah luka tersebut sebagai pelajaran penting yang tidak akan kamu ulangi kembali.

Melepasmu memang hal yang sulit aku lakukan pada saat itu, berbohong jika aku tidak merasa sedih, kecewa, dan sakit hati. Semua menjadi saksi atas luka tersebut. Tetapi, aku belajar satu hal dari luka yang kamu beri. Sampai kapanpun kita tidak akan pernah bisa melupakan seseorang sepenuhnya, seseorang yang pernah hadir juga kenangannya bukan untuk kamu lupakan. Namun, yang perlu kamu hilangkan hanyalah rasa yang masih kamu simpan. Level tertinggi dari mencintai adalah mengikhlaskan. Maka dari itu jika kamu ingin melepas seseorang bukan dengan cara kamu melupakannya, tetapi dengan cara kamu mengikhlaskan bahwa dia bukan lagi untukmu. Biarkan dia berjalan di arah yang memang dia pilih. Tidak perlu kamu bersikeras untuk dia tetap tinggal bersamamu. Semakin kamu memaksa untuk dia tetap bersamamu, semakin sulit kamu melepaskan dan semakin besar luka yang kamu dapatkan. Biarkan semua mengalir seperti air, di jalan yang memang sudah Tuhan gariskan untuk kita. Dan sampaikan saja untuknya, sampai bertemu di titik terbaik menurut takdir.

Bab 3 Tuhan Selalu Punya Cara untuk Mempertemukan (1)

360 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 376

Bab 3 Tuhan Selalu Punya Cara untuk Mempertemukan 

Sering kali kita merasa bahwa apa yang sudah kita miliki akan sepenuhnya menjadi milik kita. Tetapi kita lupa bahwa Tuhan lah yang Maha membolak balikan hati manusia. Sekeras apapun kita menggenggam, kalau memang seseorang itu bukan untuk kita maka Tuhan akan menjauhkannya dalam hidup kita. Kamu tidak perlu menyalahkan takdir dengan apa yang terjadi. Tuhan sudah menyiapkan yang terbaik untukmu.

Saat itu aku sedang merasa hancur karena di patahkan oleh seseorang, rasanya enggan untuk memulai hubungan kembali terlebih dengan orang yang baru. Aku menolak banyak hati yang ingin membantuku untuk menyembuhkan luka. Sampai pada akhirnya, aku bertemu dengan seorang pria yang menyakinkan diriku bahwa aku bisa bangkit kembali dari rasa sakit yang membuatku terpuruk dan menutup diri dari banyak orang. Dia hadir dalam hidupku, memberiku warna dari hidup yang hitam putih menjadi canvas yang indah karena memiliki banyak warna. Bersamanya aku merasa bahwa luka yang ada akan pulih kembali. Seseorang yang hadir dalam hidup dengan lembaran yang baru terkadang membantu kita untuk melihat dunia jauh lebih luas, dari sekedar luka yang kita rasakan.

Aku merasa memiliki dunia yang baru, lupa akan luka yang aku rasakan. Aku bersyukur memilikinya pada saat itu, rasanya aku takut sekali untuk kehilangan. Takut jika aku tidak akan menemukan seseorang seperti dia. Aku ingin terus bersamanya, tanpa ada rasa takut untuk ditinggalkan. Membuat cerita lebih lama bersamanya. Sampai pada akhirnya, Tuhan mengabulkan doaku. Dia menghadirkan pria itu selama satu tahun dalam hidupku. Membantu aku untuk menyembuhkan luka yang lalu, membuatku tertawa kembali, mengukir senyum diwajahku yang sempat hilang, dan membuat cerita bersama dari setiap momen yang kita lewati.

Rasanya indah sekali bukan, menghabiskan waktu bersama seseorang yang kamu sayangi. Rasanya ingin terus melewati hari-hari bersamanya tanpa menjadi sebuah kenangan. Itulah alasan mengapa Tuhan selalu punya cara untuk mempertemukan. Untuk kamu yang pernah membantuku menyembuhkan luka, terimakasih banyak. Terimakasih yang bisa aku sampaikan untukmu, terimakasih sudah menjadi lelaki yang sabar dalam menghadapi setiap tingkahku yang mungkin sulit untuk kamu tebak, terimakasih sudah membantu memberi warna dalam hidup, terimakasih sudah menjadi lelaki yang dewasa untukku, perempuan yang bersamamu saat itu sering kali perlu dibantu oleh lelaki yang dewasa untuknya. Aku memang dewasa, tapi saat bersamamu sering kali rasa dewasaku hilang. Karena aku merasa sudah memiliki seorang pria yang sudah bisa menerima apa adanya diriku.

Tuhan Selalu Punya Cara untuk Mempertemukan (2)

377 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 359

Dari banyaknya hati yang menginginkanku, aku memilihmu. Karena kamulah yang bisa menerima apa adanya diriku tanpa menuntut banyak hal. Saat itu aku merasa aku sangat beruntung sekali memiliki pasangan sepertimu. Rasanya ingin terus saja bersamamu. Tanpa ada jeda, kata berhenti, dan selesai sampai disini. Sepertinya sulit sekali aku mengungkapkan bangganya aku memilikimu, tidak cukup untuk aku sampaikan lewat kata. Terimakasih mewakili dari banyaknya perasaan yang aku rasakan saat aku bersamamu.

Saat bersamamu aku merasakan makna jatuh cinta yang sesungguhnya, rasa akan bangga dimiliki oleh seseorang. Disayangi dan juga dicintai tanpa alasan. Aku beruntung memilikimu, semoga kamu pun beruntung untuk memilikiku. Aku tahu ketika kita jatuh cinta, maka kita juga harus siap untuk terluka. Tidak ada kata cinta yang manis tanpa ada luka di dalamnya. Aku hanya ingin terus dicintai olehmu tanpa adanya alasan untuk berhenti. Aku bukan perempuan yang pandai untuk mengungkapkan rasa, mungkin aku perempuan dingin yang sepanjang hidupmu baru kamu temukan. Tidak ada notifikasi ucapan “Selamat pagi” yang kamu dapatkan, tidak ada kata untuk menyampaikan “Kamu dimana, aku rindu”. Perempuan dingin yang saat itu bersamamu tidak pandai dalam menyampaikan rasanya.

Tanpa kamu ketahui, diam-diam dia memperhatikan setiap apa yang kamu lakukan untuknya, dalam hatinya dia berkata “Aku bangga dan beruntung memilikimu” begitu ucapnya. Namun, kata tersebut tidak pernah dia ucapkan langsung kepadamu. Rasa gengsinya yang tinggi, tidak adanya nyali untuk menyampaikan itu kepadamu, walaupun dalam hatinya dia ingin sekali untuk menyampaikan perasaan yang dia rasakan saat bersamamu. Mungkin tulisan ini tidak akan ada kata tamat untuk menceritakan semua tentangmu. Tentang aku yang ada di dalamnya saat bersamamu. Kenangan yang masih tersimpan rapi dalam setiap ceritanya.

Tapi seindah apapun kisahku, Tuhan lah yang punya kendali atas semuanya. Tuhan membolak balikan hatinya, hingga ia menjadi pria yang juga memberi luka untukku. Tidak ada luka yang sembuh atau disembuhkan oleh orang lain, tetapi yang ada hanyalah menyembuhkan luka dan menemukan luka kembali. Dulu kamu lah yang aku banggakan, tetapi saat ini kamu juga yang memberi luka. Tidak ada kisah yang benar-benar indah, entah memang aku yang belum menemukannya. Rasanya enggan sekali memulai dengan siapapun, karena yang selalu aku rasakan hanyalah luka. Kebahagiaan yang sesaat lalu berujung luka lagi dan lagi.

Tuhan Selalu Punya Cara untuk Mempertemukan (3)

20 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 328

Mungkin aku adalah perempuan kuat dan hebat. Oleh karena itu, Tuhan selalu menghadirkan seseorang yang kurang tepat dalam memberi makna bahagia, untuk aku belajar sabar dalam menunggu. Dalam setiap cerita yang hadir, Tuhan selalu memiliki alasan tersendiri. Mengapa kamu dijauhkan, mengapa kamu disakiti, mengapa kamu ditinggalkan, dan mengapa kamu dikhianati. Dalam setiap luka selalu ada makna, walau dengan cara yang berbeda. Tidak usah menyalahkan keadaan, tidak usah menyalahkan siapapun yang hadir, dan tidak perlu menyalahkan takdir atas apa yang terjadi dalam hidup kita. Ambilah pelajaran berharga dalam setiap ceritanya.

Tuhan selalu punya cara untuk mempertemukan begitu pun dengan memisahkan. Selalu ada hal yang tak terduga, bagaimana kita dipertemukan lalu dipisahkan. Bertemu dengan seseorang yang menurut kita baik belum tentu baik menurut Tuhan. Sering kali Tuhan menjauhkan kita dari seseorang untuk sama-sama belajar dan akan dipertemukan kembali di waktu yang tepat dengan versi yang lebih baik. Tidak usah khawatir, jika memang Tuhan tidak mempertemukan kembali, nanti kita akan diberikan seseorang yang terbaik. Mari sama-sama memantaskan diri agar dipertemukan dengan seseorang yang memang kita harapkan.

Aku tidak pernah menyalahkan dia yang pernah hadir dalam hidupku, walaupun pada saat itu aku merasa beruntung memilikinya. Namun, Tuhan menghadirkan dia memang bukan untukku. Dia memilih perempuan lain lalu meninggalkanku. Tetapi aku banyak belajar dalam setiap proses hidup yang aku jalani. Hingga tulisan ini hadir sebagai kisah yang tidak pernah pudar meskipun peran seseorang di dalamnya sudah memiliki jalannya masing-masing. Luka yang dia berikan pun perlahan sudah hilang dalam diriku, memang tidak mudah melalui proses yang panjang. Tetapi aku bisa. Untuk kamu seseorang yang pernah Tuhan hadirkan untukku, aku disini baik-baik saja. Terimakasih untuk luka sekaligus bahagia yang pernah kamu berikan untuk aku. Sampai suatu saat nanti kita bertemu kembali di titik terbaik menurut takdir.

Saat ini aku menjadi perempuan hebat yang bertumbuh dewasa dari luka yang pernah kamu beri. Dari luka tersebut aku banyak belajar sekeras apapun aku menjadi seseorang seperti apa yang kamu harapkan, jika kamu tidak bersyukur memilikiku maka akan sia-sia.

Bab 4 Perpisahan Bukan Akhir dari Segalanya (1)

88 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 316

Bab 4 Perpisahan Bukan Akhir dari Segalanya

Tidak ada kehilangan yang tidak pernah memberi luka. Tentang kepergian ataupun kehilangan, selalu ada kesedihan di dalamnya. Tetapi bukan berarti perpisahan tersebut adalah akhir dari segalanya. Bukan berarti kita tidak akan pernah bisa bertemu kembali, mungkin hanya saja membutuhkan jeda dari setiap prosesnya. Ketika kita kehilangan seseorang bukan berarti kita tidak akan bisa kembali menjadi seperti awal kita bertemu. Namun, dalam setiap ceritanya hanya membutuhkan jeda sebagai dua orang yang terlihat baik-baik saja. Terlihat seperti tidak adanya luka, tidak adanya kisah yang pernah kita ukir bersama.

Aku sangat merindukanmu, seseorang yang pernah singgah dan menetap dalam hidupku. Namun, aku tidak ingin kembali kepadamu. Aku hanya merindukan sosokmu dan kenangan yang ada di dalamnya. Bukan kisah kita saat bersama selama satu tahun lamanya. Kita akan menjalani hari-hari baik dengan cara-cara yang baik. Bukan dengan cara aku kembali untukmu. Aku rasa sudah cukup untuk semua luka yang pernah kamu hadirkan, aku akan tetap berteman denganmu sebagai teman baik bukan lagi sepasang kekasih. Memang sulit, tidak mudah, membutuhkan waktu yang sangat lama, bagaimana aku berproses untuk melupakanmu. Terkadang notifikasi aku dapatkan darimu “Gimana hari ini?” aku berusaha untuk tidak goyah hanya karena satu notif. Hari demi hari bahkan bulan pun berganti, hanya karena notif tersebut aku tidak akan luluh kembali.

Saat itu aku berusaha untuk belajar mencintaimu, membuka hatiku untukmu, bukan hal yang mudah untuk belajar mencintai seseorang. Tetapi kamu patahkan hanya dengan meninggalkan aku untuk dia. Perpisahan mungkin memang bukan akhir dari segalanya, kenanglah aku sebagai seseorang yang pernah singgah tetapi tidak untuk kembali mengulang kisah.

Jadikan lah setiap peristiwa untuk sama-sama memperbaiki diri, agar suatu saat ketika kita bersama dengan yang lain tidak akan pernah menyakiti salah satunya. Tahu bagaimana cara menghargai, memperjuangkan, dan mempertahankan. Tidak ada yang perlu disesali dari apa yang sudah terjadi. Penyesalanmu tidak berarti, karena luka yang kamu beri sudah membuat aku tersadar bahwa denganmu lagi bukan suatu pilihan yang harus aku ambil.

Perpisahan Bukan Akhir dari Segalanya (2)

336 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 431

Namun, seperti banyak hal yang tak pernah bisa ditebak. Terkadang sikapmu menunjukan rasa seolah semua tidak pernah terjadi apa-apa, tetapi sering kali kamu membuat aku menjadi orang asing dalam hidupmu. Perpisahan memanglah bukan akhir dari segalanya. Tolong jangan membuat aku menjadi manusia yang tidak pernah mengerti apa mau orang lain, karena sikapmu yang seperti itu membuat aku menilai bahwa tentang cinta tidak ada keindahan di dalamnya. Kamu menghilang tiba-tiba dalam hidup. Dulu, seolah menawarkan rasa untuk menyakinkan aku bahwa kamu lah orang pantas untuk aku miliki, tetapi saat ini mengapa kamu menjadi seseorang yang membuat aku tersadar bahwa kamu lah sama seperti mereka tidak ada keistimewaan di dalamnya.

Aku tahu perpisahan memang bukan akhir dari segalanya, walau ikatan di dalamnya sudah hilang. Tetapi luka tetapkan luka, sampai kapan pun luka akan selalu membekas dalam hati sekalipun aku sudah memaafkanmu. Hargailah seseorang yang masih mau bersamamu walaupun dia tahu semua kekurangan dalam dirimu. Karena aku tahu, mencintai seseorang bukan perihal menyukai kelebihannya saja. Namun, menerima semua segala kekurangannya dan tetap bertahan tanpa rasa ingin meninggalkan. Apa tidak ada rasa bersyukur dalam dirimu, diberikan seseorang yang hadir dalam hidup kamu membantu kamu menjadi seseorang yang lebih baik. Tetapi kamu malah mengabaikan dan memilih dia.

Entah aku yang bodoh atau kamu. Aku yang mati-matian mempertahankanmu, tetapi kamu meninggalkan hanya demi perempuan itu. Apa perempuan yang bersamamu itu kurang untuk membuatmu bersyukur. Perpisahan memang bukan akhir dari segalanya, tetapi suatu saat ketika kamu ingin kembali kepadanya. Dia bukan lagi perempuan yang kamu temui saat pertama kali kamu bertemu dengannya, tetapi perempuan dengan wajah yang sama namun rasa yang berbeda. Pada saat itu lah kamu akan sadar betapa berharganya kamu kehilangan sosok perempuan seperti itu hanya karena kamu memilih dia.

Jadilah laki-laki sejati yang bertahan dengan satu perempuan, tidak pernah meninggalkan sekalipun kamu melihat kekurangan dalam dirinya. Jika kamu tidak menyukai sesuatu yang ada dalam diri pasanganmu tolong beri tahu dia, bukan kamu tinggalkan dan memilih yang lain. Karena sampai ke ujung dunia pun, untuk kamu mencari seseorang yang sempurna tidak akan pernah kamu temukan. Jangan terus mencari seperti apa yang kamu inginkan saja, tetapi kamu lupa untuk menjadi. Aku hanya ingin menyampaikan hal ini untukmu seseorang yang pernah bersamaku di masa lalu sampai bertemu di titik terbaik menurut takdir.

Karenamu, saat ini perempuan yang pernah kamu sakiti hatinya menjadi perempuan yang lebih kuat dan hebat. Walaupun pada saat disakiti olehmu dia merasa hancur, lebur, dan berantakan. Tetapi dia bisa bangkit kembali tanpa bantuan siapapun. Dia sangat bangga kepada dirinya sudah melalui beberapa proses hidup yang dilalui begitu pahit tanpa pernah menyimpan rasa dendam kepadamu.

Bab 5 Semua Cerita Kita Tinggal Kenangan (1)

126 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 432

Bab 5 Semua Cerita Kita Tinggal Kenangan 

Semua cerita kita memang tinggal kenangan, selamat menjalani hidupmu kembali tanpa aku di dalamnya. Mungkin untuk kamu itu hal yang mudah, tapi tidak untuk aku. Aku yang ditinggalkan olehmu hanya karena dia, perempuan yang telah merebut kebahagiaan aku darimu. Silahkan ambil saja, aku percaya suatu saat Tuhan akan menggantikan sosokmu dengan seseorang yang jauh lebih baik untuk aku. Mungkin Tuhan hanya menitipkan kamu sebagai pelajaran untuk aku agar menjadi manusia yang lebih dewasa.

Saat ini aku sudah mulai melepasmu, sedang berusaha membuka hati kembali. Walaupun aku tahu itu memang bukan perkara yang mudah, terlebih perihal hati. Tetapi tidak ada salahnya untuk aku mencoba, dengan hadirnya mereka yang ingin menawarkan bahagia untukku, walaupun aku tidak tahu apakah luka kembali yang aku dapatkan atau bahagia yang akan terus mengiringi langkahku. Untuk kamu dan perempuan yang sempat menghancurkan kebahagiaanku, berbahagialah. Aku baik-baik saja, iya ucapan yang aku ucapkan setelah aku bisa melepasmu. Melepas seseorang yang pernah mengisi hari-hari dalam hidup memang bukan hal yang mudah, tetapi aku belajar untuk apa aku terus menggenggammu sedangkan kamu sudah tidak ingin bersamaku.

Saat ini jalan pikiranku sudah berjalan normal, ingat bagaimana dulu aku di sia-siakan olehmu, mengapa Tuhan baru menyadarkan aku saat ini. Setelah melalui sebuah proses yang cukup panjang, mungkin Tuhan ingin aku terus belajar menjadi manusia yang ikhlas, menjadi manusia yang dewasa dari luka yang pernah kamu beri. Terimakasih untuk semua bahagia dan luka yang pernah kamu beri. Saat ini aku sudah berdamai dengan diriku, berdamai dengan keadaan, dan bangkit kembali. Percuma aku terus berlarut larut dalam kesedihan, sedangkan kamu sudah berbahagia dengan yang lain. Semua cerita kita tinggal kenangan, aku sudah mengikhlaskanmu bahwa apa yang aku miliki suatu saat pun akan pergi. Tidak perlu terlalu erat untuk di genggam, jika memang dia tidak ingin berjalan bersamaku.

Untuk kamu perempuan yang sudah berhasil mengambil dia dalam hidupku, saat ini kebahagiaan kamu dapatkan suatu hari nanti kamu akan merasakan bagaimana di tinggalkan oleh seseorang yang kamu sayangi, hukum alam itu ada. Saat ini kamu berhasil merebut dia, suatu saat milikmu yang akan direbut oleh orang lain. Perempuan yang cantik dan dewasa tidak akan merebut milik orang lain. Ambil saja, aku sudah mengikhlaskannya. Semoga Tuhan menggantikan dengan sosok yang jauh lebih baik untukku. Aku bangga pada diriku, bisa melepasmu tanpa melibatkan orang lain. Perempuan yang begitu tulus menyayangimu kamu tinggalkan hanya untuk orang lain. Sosok perempuan di masa lalumu tidak akan pernah kamu temukan dalam diri orang lain. Sekali pun kamu menemukan perempuan yang jauh lebih menarik darinya. Untuk kamu seseorang di masa laluku sampai bertemu di titik terbaik menurut takdir. "Akan ku pastikan melepasku adalah kesalahan terbesarmu".

Semua Cerita Kita Tinggal Kenangan (2)

0 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 369

Setelah sekian lama sejak kamu memilih untuk pergi, sekarang semua terasa beda. Aku menjalani hari-hariku seorang diri, tanpa kamu lagi yang menemani. Rasanya aku rindu, tapi cerita kita sudah berbeda. Bukan lagi tentang kita, tapi tentang aku dan kamu yang sudah berada di jalannya masing-masing. Apakah kamu sama sepertiku?, sering kali muncul rasa rindu dalam pikiran. Mengenang kisah-kisah lalu bersamamu, kamu menjadi seseorang yang sangat aku rindukan setiap harinya. Menjadi penyemangat di kala aku sedang rapuh akan keadaan. Aku merindukan sosokmu dan kenangan kita.

Saat ini aku menjalani hariku tanpa kamu, rasanya sangat berbeda. Namun, ini lah hidup sesedih apapun aku kehilangan kamu, tetapi aku harus tetap semangat menjalani hari-hariku seperti saat ada dirimu. Jika malam tiba, rasanya aku sangat merindukanmu. Setiap malam sebelum kita tertidur, kita selalu berbincang lewat telepon lalu menceritakan tentang apapun, dan tawa yang masih terukir dalam wajahku. Ternyata aku pernah sebahagia itu saat bersamamu. Dan saat ini semua cerita kita tinggal kenangan.

Setiap kisah yang pernah terukir, memang ada masanya akan terhenti. Tetapi aku benar-benar merindukan dirimu. Aku merindukan notifikasi darimu “Semangat” terlihat sederhana, tetapi membuat aku tersenyum. Hal yang sangat sederhana tersebut sering aku dapatkan dari banyak orang. Namun, jika diucapkan olehmu rasanya berbeda. Aku sadar semua itu tidak akan pernah terulang kembali. Kita masih tetap bisa berteman, tetapi tidak bisa mengukir kisah kembali. Semua sudah usai dan semua cerita kita tinggal kenangan. Terkadang aku mempertanyakan keadilan itu, mengapa Tuhan menghadirkan kamu dalam hidup aku sangat singkat, lalu mengapa Tuhan menitipkan hanya untuk memberi luka. Aku masih ingin bersamamu, tetapi kamu memberi luka untukku. Rasanya sakit, tetapi aku belum bisa menemukan pengganti sepertimu. Itu yang membuat aku menutup diri dari banyak orang.

Apakah kamu sadar, karena luka yang kamu berikan membuat aku berpikir bahwa semua lelaki itu sama. Tidak ada yang bisa memberikan suatu kebahagiaan atau memang aku yang belum menemukannya. Aku merasa bahwa Tuhan terkadang tidak adil kepadaku, mengapa kamu yang memberi luka, tetapi aku yang harus menanggung kecewa. Kamu tidak pernah merasa bersalah atas luka yang kamu beri, tetapi aku menjadi perempuan yang trauma untuk membuka hati kembali. Rasanya malas, dan aku selalu berpikir bahwa mereka yang datang bukan untuk menyembuhkan luka yang ada, tetapi untuk menambah luka di dalam hati.

Semua Cerita Kita Tinggal Kenangan (3)

1 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 468

Kupikir setelah menjauh darimu, memulai hidup baru aku bisa lepas sepenuhnya dari kamu. Tidak lagi menemukan luka dan mendapatkan kebahagiaan dari seseorang yang hadir dalam hidup aku. Nyatanya sampai saat ini aku belum mampu untuk membuka hati kembali. Rasa takut, malas, dan trauma menyelimuti diriku bahwa siapapun tidak akan pernah mampu untuk menyembuhkan luka. Luka akan hilang jika aku mampu berdamai terlebih dahulu dengan diriku dan memaafkan kamu.

Sering kali beberapa orang hadir, menawarkan rasa untuk mengisi ruang dihati. Tetapi sulit sekali rasanya aku membuka hati untuk mereka yang ingin singgah. Aku tidak ingin kembali kepadamu, tetapi aku hanya ingin terus bersamamu, tanpa adanya kata untuk kembali menjalani kisah denganmu. Memang hal yang sulit. Sulit membiasakan diri seolah tidak pernah terjadi apapun, tetapi aku mencoba untuk membiasakan hal itu. Agar suatu saat jika kamu terus bersama dengan perempuan yang telah merebut kebahagiaanku tidak adanya rasa kecewa yang terlalu dalam. Aku memang sadar bersamamu kembali tidak menjamin kebahagiaan itu hadir kembali, rasa yang aku miliki untuk kamu perlahan pun sudah memudar, hanya saja sering kali kenangan itu muncul dalam ingatanku membuat aku ingin terus kembali bersamamu.

Terkadang ada rasa semangat dalam diri ini ketika ingin bertemu denganmu, setelah kamu menjadi seseorang yang pernah singgah dalam hati. Tetapi aku pun sadar, kalau hal tersebut membuat aku menjadi seseorang yang mengharapkanmu kembali. Ketika aku sedang bersamamu rasa rindu itu hilang, tetapi jika aku sedang sendiri rindu itu muncul yang membuat aku terus teringat denganmu. Mungkin aku belum mampu melepasmu sepenuhnya, tidak ada hal yang membuat seseorang ikhlas sepenuhnya untuk melepaskan hanya saja mereka terpaksa melepaskan demi kebaikan dirinya. Aku pun terkadang berpikir, bagaimana bisa aku bertemu denganmu tanpa ada rasa benci sedangkan kamu pernah memberi luka. Atau mungkin Tuhan tidak memberiku bahagia agar aku bisa membahagiakan orang-orang. Terkadang terlintas dalam benakku, aku yang selalu memberikan mereka yang terbaik, tetapi aku juga yang kurang beruntung dalam mendapatkan cinta. Terlihat cukup aneh tetapi faktanya begitu, seseorang yang memberikan usaha lebih dalam sebuah percintaan terkadang justru mereka yang kurang beruntung dalam mendapatkan cinta dan juga makna bahagia.

Tetaplah menjadi seseorang sesuai dengan versi terbaik kita, tidak ada hal yang sia-sia meskipun semua cerita hanya tinggal kenangan. Setidaknya kamu sudah menjadi versi terbaik dari dirimu saat bersamanya. Suatu saat usaha yang sudah kamu berikan untuk orang lain akan Tuhan gantikan dengan seseorang yang memberikanmu cinta yang jauh lebih besar dari kamu, yang selama ini kamu berikan untuk orang lain. Semua ini hanya tentang perihal sabar menunggu seseorang yang tepat datang di waktu yang tepat. Tidak perlu terus mencari untuk menutupi luka saja tanpa kamu  menemukan bahagia di dalamnya. Lebih baik sabar menunggu sampai seseorang terbaik hadir dalam hidupmu. Tetap semangat menjadi seseorang yang hebat terlebih untuk diri sendiri yang sudah kuat bertahan sampai dengan di tahap ini. Sebuah proses yang panjang dan tentunya tidak mudah.

Semua Cerita Kita Tinggal Kenangan (4)

0 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 385

Semua cerita kita memang tinggal kenangan, mungkin terkadang mengapa kita dipertemukan agar kita mempunyai kenangan bersama dengan seseorang yang kita sayangi. Untuk kamu lelaki yang pernah memberiku bahagia sekaligus luka terimakasih banyak, karenamu aku banyak belajar perihal hidup. Bagaimana caranya untuk aku bangkit setelah dipatahkan olehmu, bagaimana caranya untuk aku mengukir senyum kembali di hadapan banyak orang seolah aku sedang baik-baik saja. Terkadang aku berpikir akan hidup, mengapa Tuhan belum juga memberi seseorang yang bisa membuat aku bangga akan diriku. Bagaimana aku dicintai, disayangi, dikasihi oleh orang juga yang bangga memilikiku. Apa memang tugasku hanya untuk membahagiakan mereka?.

Beberapa pertanyaan yang sering kali terlintas, tetapi semakin hari aku semakin sadar bahwa hidup bukan tentang siapa yang lebih banyak memberi bahagia, tetapi tentang bagaimana kita bersyukur saat berada disampingnya, sebelum pada akhirnya arti sebuah kehilangan aku dapatkan. Mungkin memang sudah jalan yang Tuhan kasih, sudah berhenti sampai disini. Semua yang pernah aku lalui bersamamu hanya tinggal sebuah kenangan. Terkadang saat aku sudah bisa melepasmu, lalu melewati sebuah jalan yang sering aku lewati saat bersamamu membuat aku teringat kembali dengan kamu, dalam hati aku berkata "ini kan jalan yang suka aku lewatin sama dia" dulu jalan itu saksi betapa bahagia aku saat bersamamu, tetapi saat ini aku hanya bisa tersenyum saat melewati jalan itu.

Bagaimana pun yang bertemu pasti akan berpisah. Aku disini baik-baik saja, terimakasih sekali lagi untuk kamu. Jaga diri baik-baik ya, sekarang sudah tidak ada lagi yang mengingatkanmu perihal apa yang mungkin sering lupa untuk kamu lakukan. Terkadang aku berpikir, apakah kamu pernah merindukan aku, atau mungkin kamu sudah melupakan aku sepenuhnya. Tetapi tidak apa, semoga aku menjadi seseorang yang berkesan dalam hidupmu, aku sudah memberikan versi terbaik dari diri aku buat kamu. Semangat ya, sampai suatu saat nanti kita bertemu lagi aku cuma mau bilang "Sampai bertemu di titik terbaik menurut takdir".

Terimakasih pernah memberi warna dalam hidup, semoga hidup kamu pun berwarna saat bersamaku. Mungkin ini memang jalan yang sudah Tuhan kasih untuk kita, lewat peristiwa ini aku banyak belajar perihal kehidupan yang mungkin tidak selalu manis aku dapatkan. Ada kalanya jatuh bangun harus aku lewati seorang diri. Terimakasih untuk aku seorang perempuan hebat, yang rela ditinggalkan oleh lelaki yang sangat ia sayangi tanpa menaruh kebencian terhadapnya. Semoga kelak untuk kamu perempuan hebat mendapatkan lelaki yang juga merasa bangga dan beruntung memilikimu.

Bab 6 Terimakasih Masa lalu (1)

0 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 354

Bab 6 Terimakasih Masa lalu

Masa lalu adalah bagian dari perjalanan hidup, dimana kita belajar dari sebuah pengalaman. Setiap orang pasti memiliki masa lalu, entah masa lalu tentang bahagia, sedih, kecewa, atau mungkin terluka. Dari masa lalu ini aku banyak belajar perihal hidup, dari masa lalu juga aku bertumbuh menjadi seseorang yang jauh lebih kuat dari pada diriku sebelumnya. Terkadang masa lalu mengajarkan banyak hal terlebih tentang kecewa dan terluka. Dari masa lalu, yang pada akhirnya tulisan ini hadir sebagai kisah yang membuat seseorang yang berada dalam masa lalu tersebut menjadi versi terbaik dari dirinya. Walaupun hati dan perasaannya kadang kala merasa berantakan, karena ia harus mengingat kisah dimana ia pernah terluka.

Tetapi aku sadar tidak hanya aku yang mempunyai kisah tentang masa lalu yang mungkin didalamnya tidak lah tersusun kisah yang manis. Tetapi tak apa, dari luka yang kamu beri akhirnya aku bisa menjadi seorang perempuan yang kuat dan hebat sampai bisa bertahan di tahap ini. Karena aku sadar semua punya garis waktu yang tidak sama, ga perlu buru-buru untuk aku mencari penggantimu. Terimakasih untuk semua hal yang pernah kamu beri, entah sebuah kebahagiaan, kekecewaan, atau kesedihan. Sepertinya semua sudah pernah aku rasakan.

Terkadang aku merasa kalau aku udah bisa lepas sepenuhnya dari kamu disaat aku mengingat seberapa sakitnya aku pernah dilukai, tetapi rasa sakit itu terkadang kalah dengan rasa kangen yang masih tersimpan dalam diriku. Hingga kamu hadir di dalam mimpi, yang membuat aku merasa tidak nyaman saat tertidur, aku ingin menyampaikan "aku merindukanmu" sebuah ketidakmungkinan kalau kamu juga merindukan aku kembali. Badanku beristirahat tetapi pikiranku tidak. Rasanya hatiku bercampur menjadi satu entah sedih ataupun kecewa, tetapi aku percaya sebuah proses untuk aku bisa bangkit kembali akan berjalan dengan baik jika aku bisa mengikhlaskanmu sepenuhnya. Aku memilih untuk menghindar darimu, karena aku merasa kalau aku tidak berhubungan denganmu membuat aku lupa dan jauh lebih baik, lupa akan apa yang aku rasakan. Tetapi aku juga tidak ingin terlihat kalau aku tidak baik-baik saja di hadapanmu. Sejauh ini aku mampu menyembunyikan luka dari banyak orang, agar mereka melihat aku baik-baik saja. "Boleh belajar dari masalalu tetapi tidak hidup dimasa lalu". Terimakasih dan sampai bertemu di titik terbaik menurut takdir.

Terimakasih Masa lalu (2)

0 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 367

Setelah aku bisa mengikhlaskanmu, aku menjalani hari-hariku yang biasa aku lakukan sebelum hadirnya dirimu. Dimana aku tidak terpaku akan dunia percintaan yang tidak pernah berpihak kepadaku. Aku menjalani hari-hariku seorang diri, melakukan kegiatan yang biasa aku lakukan, menyibukan diri, dan melakukan hal-hal yang bisa memberi vibes positif untuk diriku. Aku mulai tersadar betapa berharganya diriku jika hanya menangisi kamu, seseorang yang tidak pernah bersyukur memiliki aku. Perempuan yang sudah menemanimu dari titik terendah hingga kamu bisa berada di puncak yang kamu harapkan saat itu. Aku tidak pernah merasa menyesal pernah menemanimu, walaupun pada akhirnya aku ditinggalkan olehmu hanya karena dia. Perempuan yang menghancurkan kepercayaanku kepada kamu. Aku yang menemanimu tetapi dia yang menikmati hasil prosesnya bersamamu.

Tidak apa, Tuhan adil dalam memberi luka. Jika memang luka yang aku rasakan saat ini tidak pernah kamu dapatkan. Aku percaya suatu saat Tuhan akan memberikan aku seseorang yang jauh lebih baik darimu, yang hilang akan digantikan dengan yang terbaik. Semua hanya perihal sabar, dan menerima apa yang memang terjadi dalam setiap perjalanan hidup. Nikmati setiap proses pendewasaan yang kamu lewati. Terimakasih dari luka yang kamu beri menjadi proses pendewasaanku, dimana tidak ada yang bisa aku jadikan sandaran selain diriku sendiri.

Hingga ayah pernah berpesan kepadaku "Jadilah mandiri, jadilah perempuan yang bisa di andalkan, berdirilah di kaki sendiri, jangan suka bergantung ke orang lain. Terutama bergantung kepada laki-laki. Karena ketika kamu ditinggalkan oleh orang yang kamu jadikan sandaran, maka kamu tidak akan kehilangan pegangan". Sebuah wejangan yang ayah beri, mengajarkan bahwa yang datang akan pergi jika memang garis yang Tuhan berikan sudah harus terhenti. Berhenti sampai dengan disini. Aku belajar dari masa lalu untuk menjadi versi yang lebih baik. Jika suatu saat aku bersama dengan yang lain, makna bahagia bisa aku temukan di dalamnya.

Untuk kamu masa laluku, aku belajar satu hal tentang hidup bahwa belajar mengikhlaskan seseorang bukanlah suatu perkara yang mudah, jalan yang cukup rumit dan proses yang panjang. Tetapi aku pun sadar bahwa apa yang kita miliki suatu saat akan pergi. Terkadang aku tidak ingin menunjukan kalau aku sangat mencintaimu, karena hal tersebut yang membuat kamu menjadi seseorang yang tidak bersyukur memilikiku. Hingga pada akhirnya dia mengerti, lelaki yang benar-benar mencintainya tidak akan membuatnya mengemis soal apapun tentangmu.

Bab 7 Menjadi Asing (1)

0 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 426

Bab 7 Menjadi Asing

Setelah berpisah, kita menjadi dua orang asing yang tidak pernah saling menyapa kembali. Dulu, aku orang yang sibuk kamu cari saat pesanmu tidak kunjung ku balas. Tetapi saat ini aku menjadi orang asing di hidupmu bahkan sering kali pesanku tidak kamu balas, karena sudah tidak penting untukmu. Semesta yang mempertemukan lalu takdir yang memisahkan. Kisah ini aku tulis tepat saat dimana kamu ingin memiliku, di tanggal 28 September 2020 saat aku menjadi pasanganmu. Saat ini tak ada yang istimewa di tanggal ini, tanggal dimana aku bisa menjadi milikmu. Menjadi seorang perempuan yang kamu banggakan, sampai pada akhirnya aku menjadi seseorang yang asing dalam hidupmu.

Apa kamu ingat perjuanganmu saat itu, untuk menjadikanku sebagai milikmu. Dengan alasan takut aku menjadi milik yang lain. Lalu mengapa setelah mendapatkan, kamu meninggalkan begitu saja. Tidak ada rasa bersyukur dalam dirimu. Akan selalu ada seseorang yang jauh lebih menarik dariku, tetapi satu yang perlu kamu ingat perempuan yang kamu miliki saat itu adalah perempuan yang menarik dan ingin dimiliki oleh banyak orang. Silahkan jika memang pilihanmu meninggalkanku lalu memilih dia. Tolong jangan kembali jika ternyata pilihanmu tidak sebaik aku. Proses untuk aku mengikhlaskan dan melepasmu bukan suatu perkara yang mudah. Aku dan diriku berusaha keras untuk bisa melepasmu melalui proses yang panjang.

Hingga saat ini aku seorang perempuan yang pernah ditinggalkan olehmu bisa bangkit kembali dan mengukir senyum diwajahnya. Saat hatinya berantakan iya menyibukan diri agar bisa melupakanmu. Bahkan sering kali ia lupa akan kesehatannya. Begitu keras ia berjuang untuk memperbaiki diri dan menyibukan dirinya. Karena perempuan yang ditinggalkan olehmu telah sadar, ia menyadari bahwa balas dendam terbaik bukanlah untuk cepat mencari penggantimu, tetapi menjadi seseorang yang jauh lebih baik dan sukses setelah tidak bersamamu. Walaupun saat ini kita menjadi dua orang asing, kamu tetap menjadi seseorang yang pernah mengisi ruang dalam hati. Aku hanya ingin menyampaikan sampai bertemu dititik terbaik menurut takdir. Akan kupastikan suatu saat kamu akan menyesal karena telah melepaskan orang sebaik aku.

Dari proses ini lah yang nantinya akan membentuk diriku menjadi tameng terkuat untuk segala badai apapun yang akan datang. Agar bisa menjadi pelindung untuk diriku sendiri. Perempuan yang pernah kamu sia-siakan dan kamu tinggalkan bukanlah sosok perempuan yang lemah. Bahkan aku mampu menutupi luka seolah hidupku baik-baik saja. Kamu yang pernah meninggalkan aku, lalu kamu pun yang mengira kalau aku sudah menemukan penggantimu. Apapun tentang hidupku saat ini kamu tidak perlu tahu, karena kamu bukan lagi bagian dari perjalanan hidupku. Terimakasih karena dari luka yang kamu beri mengajarkan aku menjadi seorang perempuan yang dewasa dan mandiri. Akan kupastikan penggantiku dalam hidupmu tidak akan seistimewa diriku.

Menjadi Asing (2)

0 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 412

Setelah aku dan kamu menjadi dua orang asing. Ternyata senyaman ini aku menikmati  kesendirianku. Tidak ada kabar yang ku tunggu, tidak ada seseorang  yang aku cemaskan jika tidak menghubungiku. Saat itu aku merasa hancur setelah ditinggalkan olehmu. Tetapi ternyata aku salah, sebahagia ini aku menjalani hari-hariku seorang diri. Bahkan jauh lebih produktif saat aku sudah tidak bersamamu lagi. Semua hal baru ku coba, mungkin saat itu aku menjadi perempuan yang senang dan ingin terus menetap dalam zona nyaman bersamamu. Ternyata setelah aku lepas darimu, begitu banyak hal yang aku pelajari, aku menjadi perempuan hebat yang jauh lebih mandiri dari diriku sebelumnya.

Aku bangga pada diriku karena sudah bisa melangkah sejauh ini. Saat dimana hatiku merasa hancur, ada keinginan dalam diriku untuk tidak kembali kepadamu. Aku menyakinkan diriku bahwa tidak bersamamu kembali adalah jalan terbaik untuk aku menggapai semua impianku. Walaupun pada akhirnya, kita menjadi dua orang asing yang tidak saling menyapa kembali. Seperti dua orang yang tidak pernah saling mengenal sebelumnya. Tidak apa, jika memang sudah jalannya saat ini aku menjadi seseorang yang jauh lebih ikhlas atas apapun yang terjadi dalam perjalanan hidupku. Aku percaya disaat seseorang yang kita sayangi pergi meninggalkan, bukan karena sepenuhnya salah kita. Tetapi memang dia bukanlah seseorang yang terbaik yang Tuhan hadirkan dalam hidup kita. Belajarlah menjadi manusia yang ikhlas. Memang tidak mudah, hanya saja semua perkara waktu dan keinginan dalam dalam diri untuk bisa melepaskan sesuatu yang memang di takdirkan bukan untuk kita, tetapi sebagai pelajaran bahwa seseorang yang hadir dalam hidup memberi makna juga proses pendewasaan untuk kita menjadi manusia yang hebat.

Saat ini aku sudah bisa tersenyum kembali menikmati indahnya dunia dan mesyukuri apa yang aku jalani. Semua terasa indah saat kita bisa menjadi seseorang yang jauh lebih baik terutama untuk diriku sendiri. Perihal sakit hati, sedih, kecewa sudah tidak lagi aku rasakan. Saat aku merasa lelah, aku beristirahat sejenak melepas penatnya kehidupan. Karena aku tahu, semua kekecewaan akan aku dapatkan jika aku mencari tahu tentangmu. Sekarang aku sudah tidak peduli, bagaimana hidupmu, dengan siapa kamu bersama, dan bagaimana keadaanmu. Semua akan baik-baik saja jika kita tidak mencari tahu apa yang tidak perlu kita tahu.

Selamat menjalani hidupmu setelah kita sama-sama menjadi dua orang asing. Tidak perlu mencari tahu tentang hidupku saat ini, pencapaian apa yang sudah aku raih saat aku ditinggalkan olehmu. Karena kamu sudah bukan lagi bagian terpenting dalam setiap perjalananku. Betapa hancurnya aku saat itu, seolah kamu tidak pernah merasa bersalah. Aku hanya ingin menyampaikan sampai bertemu dititik terbaik menurut takdir.

Bab 8 Lepas (1)

0 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 397

Bab 8 Lepas

Hari demi hari pun berganti, 2 bulan sudah aku menjalani hidupku tanpamu. Saat aku terbangun dari tidurku di pagi hari, tidak ada lagi kebiasaan dalam diriku untuk mengecek handpone dan memastikan aku mendapat pesan darimu. Saat ini setelah aku terbangun, lalu aku melakukan aktivitas seperti sedia kala tanpa menunggu notifikasi pesan dari siapapun. Selepas ini aku menjalani hari-hariku seorang diri. Badanku terasa lelah karena terlalu sibuk dengan segala aktivitasku, hingga aku lupa bahwa hatiku pernah terluka karenamu. Aku menyibukan diri, melakukan banyak hal, setelah malam hari tiba aku tertidur. Tidak ada tempat untuk aku berkeluh kesah kembali. Bercerita "bagaimama hari ini?". Aku merasa bahwa diriku balik kedalam keadaanku dulu, dimana aku tidak terpaku akan dunia percintaan. Aku terlalu asik menjalani hidupku tanpa seorang pasangan, tidak adanya kesedihan, kekecewaan dan juga sakit hati didalamnya.

Terkadang aku berpikir sampai kapan aku akan menikmati kesendirianku, enggan untuk membuka hati. Biarkan waktu yang menjawab. Saat ini aku menjalani hari-hariku seorang diri, untuk aku berdoa kepada Tuhan bukan lagi meminta bahagia setiap waktu, tetapi hati yang cukup luas untuk menerima segala sesuatu. Momen bahagia dalam hidup ketika kita sudah bisa menerima keadaan sambil berkata "Yaudahlah ya mungkin ini yang terbaik". Aku sedang belajar ikhals dalam menjalani segala sesuatu.

Saat ini hidupku banyak sekali berubah, setelah aku tidak bersamamu lagi. Hingga tulisan ini hadir sebagai kisah yang pernah singgah dalam hidupku. Bagaimana kabarmu setelah lepas dariku? Bahagiakah? Semoga ya. Aku disini baik-baik saja, bahkan jauh lebih bahagia saat aku sudah tidak lagi denganmu. Bukan karena aku memiliki penggantimu, hanya saja aku belajar ikhlas dalam setiap proses yang aku jalani. Aku percaya dibalik kisah ini Tuhan telah mempersiapkan yang terbaik untukku. Semua hanya perihal waktu. Semoga tidak ada penyesalan ya dalam dirimu, setelah meninggalkan perempuan yang hebat dan juga mandiri.

Bahkan setelah aku semakin mengenal dan mengetahui segala kekuranganmu, aku semakin ingin menemanimu, tetapi berbeda denganmu. Setelah mengetahui segala kekuranganku, kamu pergi meninggalkan. Lalu menggantikan aku dengan sosok perempuan baru di dalam hidupmu. Terkadang semesta sebercanda ini, aku yang sungguh-sungguh menemanimu tetapi dia yang kamu bawa ke atas puncak kesuksesanmu. Aku tidak pernah menyesal memberikan usaha yang lebih dalam menjalin kisah cinta denganmu, suatu saat kamu akan menyadari betapa banyak perempuan yang kamu temui, tak ada satu pun sosok perempuan itu yang mirip denganku dari segala sisi. Sampai bertemu dititik terbaik menurut takdir, dengan aku perempuan yang pernah kamu tinggalkan dengan versi yang berbeda.

 

Lepas (2)

0 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 426

Setelah tidak denganmu, lalu aku menghilang terkadang kamu datang. Aku hanya ingin menyampaikan terimakasih sudah menjadi rumahku di 2020 dan 2021. Terlepas bagaimana kisah kita yang berakhir di pertengahan 2021 kemarin. Saat ini rasaku terhadapmu sudah hilang, rasa ingin kembali kepadamu juga sudah tidak ada. Hanya saja kenangan itu sering kali muncul. Aku tahu ketika aku kembali denganmu, memang kembali dengan orang yang sama hanya saja rasa yang berbeda. Dimana aku menjalani hubungan bukan dengan orangnya, tetapi dengan kenangannya. Itu lah mengapa aku memilih lepas darimu, lalu menghilang. Bukan karena aku tidak dewasa, tetapi aku tahu jalan kita sudah berbeda. Bukan kamu lagi tempat untuk aku pulang.

Maka dari itu, aku sering menghilang dan tidak membalas pesanmu. Di balik sikapku yang dingin, ada sebuah proses panjang dimana aku bangkit hingga akhirnya aku bisa tersenyum kembali. Aku tidak akan goyah hanya dengan satu notifikasi darimu. Sampai pada akhirnya aku kembali menemukan prosesku, dimana saat aku melihatmu, mendapat notifikasi darimu aku sudah biasa kembali. Seolah kamu tidak pernah hadir dalam hidupku. Setelah aku lepas dan tidak bersamamu lagi. Dan dengan terpaksa harus ku tata lagi, bagaimana aku menjalani hidupku tanpamu.

Terkadang ketika kita mengejar dan menginginkan apa yang kita mau Tuhan menjauhi hal itu dalam hidup. Tetapi ketika aku memilih untuk pergi dan menghilang darimu, walaupun pada saat itu aku yang di tinggalkan olehmu. Tuhan sering kali membuat kamu hadir kembali ke dalam hidupku. Tetapi Tuhan tahu, sekeras apa aku bangkit dan menghilangkan rasa yang masih aku simpan rapi dalam setiap ceritanya. Dan ketika kamu hadir kembali, rasa itu sudah hilang. Hanya tersisa kenangannya saja. Tuhan tahu mana yang terbaik untuk hidupku. Oleh karena itu, Tuhan menjauhi kamu dalam kehidupanku, dimana aku harus menjalani hari-hariku dan terlepas denganmu. Terkadang jika aku mengingat kembali, dimana aku yang menemani, tetapi dia yang kamu bawa ke puncak kesuksesan membuatku tertawa. Tertawa karena aku sadar, terkadang perihal baik tidak akan selamanya mendapat hal baik juga. Yang membuat aku belajar banyak tentang sebuah keikhlasan.

Aku percaya dalam setiap prosesku memberikan yang terbaik untuk oranglain, akan Tuhan gantikan dengan sesuatu yang mungkin tidak pernah aku bayangkan sebelumnya. Tidak hanya perihal kisah cinta yang manis, mungkin dalam bentuk kebahagiaan, kesuksesan, atau kesehatan. Berprasangka baik lah pada Tuhan, karena yang hancur hanya rencanamu bukan masa depanmu. Terimakasih untuk kamu seseorang yang aku temui di tahun 2020, kamu orang pertama yang menjadi rumah ternyaman bahkan dari yang datang sebelumnya. Aku meminta maaf karena telah egois dengan memilih sembuh dan bahagia tanpa perlu adanya hadirmu kembali. Untuk kamu aku ingin menyampaikan sampai bertemu di titik terbaik menurut takdir.

Bab 9 Bertemu Kembali (1)

1 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 348

Bab 9 Bertemu Kembali 

Setelah sekian lama aku tidak bertemu denganmu, pada akhirnya kita bertemu kembali. Dimana perasaanku sudah biasa denganmu. Walaupun rasa itu sudah hilang, tetapi melupakan semua kenangan kita memang tidak mudah. Terlebih aku tidak mencari penggantimu. Masih bertemu dan bertukar pesan denganmu. Ketika aku menghindar seolah hidupku benar-benar seperti tidak ada kamu di dalamnya. Tetapi ketika aku bertemu, sudah tidak ada rasa namun memori dalam ingatanku yang membuat aku ingat kembali akan kenangan yang pernah kita buat bersama. Aku tidak ingin kembali denganmu, tetapi aku juga belum bisa mencari penggantimu. "Sejauh apapun pergi orang lama adalah pemenangnya".

Aku tidak ingin ketika bersama yang baru aku masih terikat dengan masalalu. Tetapi aku tidak bisa membohongi diriku bahwa denganmu aku merasa nyaman, tetapi tidak untuk kembali. Ketika aku mengingat semua yang pernah terjadi, dan prosesku lepas darimu itu bukan suatu hal yang mudah. Aku pun merasa senang ketika bertemu denganmu. Memang benar tidak ada yang namanya melupakan sepenuhnya. Bagaimana pun kita adalah dua orang yang pernah saling menyayangi sebelum pada akhirnya saling menyakiti. Aku masih bimbang akan perasaanku, aku tidak ingin kembali denganmu, tetapi aku belum bisa membuka hatiku untuk oranglain. Sulit rasanya berada di fase ini, dimana aku enggan untuk maju bersama yang lain dan aku pun tidak mau mundur lalu kembali denganmu.

 Kamu memang sudah memiliki penggantiku, tetapi hatimu tidak bisa untuk kamu bohongi. Bahwa kamu masih memiliki ruang untukku. Aku telah egois untuk diriku karena tidak ingin kembali terluka karenamu. Saat ini aku hanya ingin fokus dengan impianku, dan dengan kisahmu biarlah mengalir kemana kisah ini akan berakhir. Kita memang sudah selesai, tetapi kenangan ini masih belum berakhir. Saat aku bertemu denganmu, seolah aku milikmu dan kamu milikku namun kita sama-sama sadar bukan lagi sebagai seorang pasangan, tetapi seseorang yang sama-sama pernah singgah dalam hati. Rasanya sulit sekali bukan?, sebuah hubungan yang sudah berakhir namun kenangannya tetap berjalan. Biarkan semesta yang menjawab, kemana jawaban ini akan membawaku. Logikaku sadar denganmu bukan lah jalan terbaik, bukan juga pilihan yang tepat. Namun hatiku masih tersimpan rapi namamu, masih merasa nyaman denganmu. Rasa yang sudah hilang, tetapi kenyamanan masih aku rasakan.

Bertemu Kembali (2)

0 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 454

Pada akhirnya aku sadar, aku bertemu denganmu bukan untuk kembali menjalani kisah yang sempat berakhir. Kamu masih tetap sama, belum mampu untuk memperbaiki diri. Pada saat itu aku berpikir, jika kamu meninggalkan berpisah dahulu, memperbaiki diri, lalu bertemu kembali. Dimana saat ini kamu masih sama dengan dirimu yang lalu, hanya aku yang memperbaiki diriku menjadi versi lebih baik, tetapi tidak denganmu. Sampai kapan pun suatu hubungan yang hanya diperbaharui oleh sepihak tidak akan pernah menjadi versi lebih baik. Jika memang Tuhan menghadirkanmu hanya sebagai pelajaran hidup, aku sudah mengikhlaskanmu. Sekalipun kamu kembali untukku, sampai kapan pun aku tidak akan pernah bisa merubahmu kecuali dirimu sendiri yang ingin berubah.

Saat ini aku bukan lagi perempuan egois yang kamu kenal pada saat itu, ketika aku merasa kecewa aku menurunkan egoku dan terlihat baik-baik saja di hadapanmu. Sudah tidak lagi mempermasalahkan, karena aku pun tahu kamu sudah tidak peduli. Berbahagialah dengan pilihanmu. Namun suatu saat kamu akan menyadari perempuan baik, peduli, dan mendiri telah hilang dari hidupmu. Sudah banyak kekecewaan yang aku dapatkan darimu, aku pun sadar kembali denganmu belum tentu akan mendapatkan kebahagiaanku kembali. Walaupun terkadang ada perasaan "mau kamu sekali lagi, tetapi udah terlanjur kecewa banget sama kamu". Saat ini aku baik-baik saja, aku hanya sedang berusaha memberi ruang yang lebih untuk diriku. Rasanya aku sedang membutuhkan waktu untuk menyenangkan diriku sendiri. Saat bersamamu aku sudah cukup sabar dan menurunkan banyak egoku hanya untuk bisa terus bersamamu. Namun kamu menyia-nyiakan kesempatan yang pernah aku beri. Aku hanya manusia biasa yang memiliki batas sabar dan juga lelahnya.

Terkadang aku ingin benar-benar lepas darimu, tidak bertemu dan juga bertukar pesan denganmu. Pada waktu itu aku sudah benar-benar lupa terhadapmu. Lalu kamu mengirimi aku pesan yang pada akhirnya kita bertemu kembali. Memang betul rasaku terhadapmu sudah pudar, tetapi yang sulit untukku adalah melupakan kenangan yang masih tersusun rapi dalam setiap ceritanya. Aku tidak ingin mencari penggantimu, tetapi aku juga tidak ingin diam dimana aku terus bersamamu. Berada di tengah-tengah keadaan yang membuatku bingung. Pada saat itu ada rasa yang membuatku kecewa saat melihat storymu bersama dia, tetapi sekarang aku sudah tidak peduli. Aku membiarkan diriku lelah mengingat semua tentangmu sampai pada akhirnya, ketika aku melihat storymu aku sudah biasa kembali. Seperti orang asing yang tidak pernah saling mengenal.

Kisah ini tidak akan pernah ada kata tamat untuk menceritakan semua luka yang pernah kamu berikan, seseorang yang hadir seolah menawarkan rasa namun pada akhirnya sama seperti yang datang sebelumnya hanya memberi luka. Sekarang aku sudah mampu mengendalikan diriku, sudah tidak lagi egois, marah-marah dan ketika bertemu denganmu sudah tidak berharap apapun. Karena sejatinya berharap kepada manusia hanya lah memberikan sebuah harapan yang akan mengecewakan dirimu sendiri. "Akhirnya kita dipertemukan di titik dimana saat aku melihatmu aku sudah biasa saja".

Bab 10 Berhenti (1)

0 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 340

Bab 10 Berhenti 

Terimakasih untuk semua kenangan yang pernah kita buat bersama. Sampai sini aku berhenti. Berhenti untuk tidak tetap tinggal dalam masa lalu. Aku ingin melanjutkan semua hal yang sempat tertunda karena proses penyembuhan hatiku dari luka yang kamu beri. Saat ini aku sudah mulai sadar, aku sudah bangkit kembali dan menyusun rencanaku yang baru dengan mengejar semua mimpi-mimpiku. Dan dengan kisahmu cukup berhenti sampai disini, terimakasih pernah menjadi seseorang yang mewarnai hidupku. “Untukmu sampai bertemu kembali dititik terbaik menurut takdir”.

Aku sedang memperbaiki diriku, agar seseorang yang terbaik datang ke dalam hidupku. Karena aku tahu, jika kita menginginkan yang terbaik maka kita harus menjadi versi yang lebih baik untuk diri kita sendiri. Karena seseorang yang hadir dalam hidup adalah cerminan dalam diri kita. Jika aku ingin mendapatkan seorang lelaki yang sepandan denganku maka tugasku adalah menjadi versi lebih baik. Bukan sibuk untuk aku mencari penggantimu agar kamu merasa menyesal. Tetapi tidak sama sekali, dalam setiap hubungan ada kalanya kita di hadapkan pada sebuah pilihan atau memang di takdirkan untuk berpisah. Dari perpisahan ini lah, proses pendewasaanku untuk menjadi pribadi yang lebih baik untuk diriku.

Aku sudah tidak memikirkan hal yang berhubungan denganmu, dan bagaimana keadaanmu sudah bukan lagi menjadi hal yang perlu untuk aku tanyakan. Hari ini aku sudah mulai menata hidupku kembali setelah ditinggalkan olehmu, selama aku bersamamu aku jadikan sebagai sebuah pelajaran bahwa yang datang tidak akan selalu menjadi obat dalam menyembukan luka, tetapi agar kita bisa bertumbuh menjadi manusia yang hebat. Karena pengalaman adalah guru terbaik. Aku berhenti, selamat melanjutkan hidupmu tanpa aku di dalamnya. Mungkin setelah kita berpisah kamu sudah melanjutkan hidupmu tanpa aku, tetapi mulai saat ini aku benar-benar berhenti untuk tidak melibatkanmu lagi dalam kehidupanku. Aku membuka lembaran baruku untuk hidupku dan mimpi-mimpi yang selama ini aku perjuangakan. Terimakasih pernah menjadi seseorang yang singgah di dalam hati dan memberi kebahagiaan, walaupun pada akhirnya kebahagiaan yang kamu beri hanya sementara. Tak apa, karena hidup tidak selalu diwarnai oleh hal yang manis, ada kalanya kita melewati jalan yang pahit hingga pelangi yang indah akan kita temui setelahnya.

Berhenti (2)

1 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 369

Tidak terasa sudah sejauh ini aku lepas darimu, seseorang yang pernah mengisi hari-hariku menjadi seseorang yang asing dalam hidupku. Terkadang semesta begitu rumit untuk aku mengerti alur kehidupan ini. Aku sering mengingat bagaimana awal pertama kamu mendekatiku. Dan kisah ini aku tulis saat dimana aku menjadi pasanganmu di bulan Oktober. Saat itu aku menjadi seseorang yang sangat kamu cintai. Tetapi sekarang aku berhenti mengingat apapun tentang kita, karena hal itu membuat aku semakin sakit atas luka yang pernah kamu beri untukku. Saat itu aku begitu tulus menyayangimu tidak ada sedikit pun dalam diriku untuk pergi meninggalkanmu, sekali pun kamu dalam posisi yang mungkin jika perempuan lain sudah pergi meninggalkanmu. Tetapi pada saat itu entah mengapa aku ingin mendampingimu dalam keadaan apapun. Sampai akhirnya tugasku untuk menemani sudah selesai. Saat kamu berhasil menggapai semua keinginanmu bukan lagi aku yang bersanding denganmu.

Aku merasa kecewa, mungkin memang sudah jalan Tuhan untuk aku hanya sampai pada masa menemani tetapi tidak sampai pada kesuksesan. “Menemani dan mendukungmu adalah tugasku, tetapi dengan siapa kamu ingin menikmati kesuksesanmu itu hak kamu”. Sebuah ucapan yang mungkin sering kali kamu dengar dariku, ucapan tersebut terkabul sudah. Ternyata aku hanya bisa menemanimu saja. Terimakasih untukmu yang pernah membantuku dalam segala hal. Mungkin aku tidak akan sekuat ini jika bukan terbentuk dari diriku yang hancur kemarin. Terkadang aku memikirkan, apa memang semakin kita dewasa dunia tidak akan selalu berpihak kepadaku, jalan yang begitu rumit, proses yang panjang, dan usaha yang penuh dengan perjuangan.

Aku sudah mengikhlaskanmu dan aku berhenti sampai disini. Terimakasih pernah mendampingiku selama satu tahun ini, jaga dirimu baik-baik ya. Mungkin dulu kamu beruntung memiliki perempuan cantik, baik, mandiri, dan peduli dengan kehidupanmu. Setelah kamu sia-siakan kamu merasa kehilangan. Terkadang hidup memang perlu untuk kehilangan terlebih dahulu agar kamu belajar caranya menghargai. Terimakasih pernah membantuku walaupun kamu sendiri yang memberi luka, tetapi kamu punya sisi baik dalam hidupku. Sampai bertemu dititik terbaik menurut takdir ya. Aku adalah perempuan yang pernah mengisi ruang dalam hatimu, dia adalah AMALIA ZAHRA. Kisah ini tak akan lama lagi akan segera berakhir. Tulisan ini aku tuliskan sebagai tanda terimakasihku yang mungkin tak pernah mampu aku ucapan langsung kepadamu. Aku berhenti sampai disini ya, jaga dirimu baik-baik dan sampai bertemu kembali masa laluku.

Berhenti (3)

1 0

- Sarapan Kata KMO Club Batch 37

- Kelompok 2 (Goresan Makna)

- Jumlah Kata 513

Tidak akan lama lagi aku akan kembali melanjutkan mimpiku di kota Bandung. Kamu tidak akan lagi bertemu denganku. Rasanya baru kemarin aku mengenalmu, menjadi pasanganmu, tetapi saat ini aku menjadi seseorang yang pernah singgah dalam hatimu. Terimakasih dan sampai berjumpa lagi di lain waktu. Kisah ini berhenti sampai disini, semoga kamu seseorang yang aku temui di tahun 2020 bisa membaca kisah ini yang aku tuliskan untukmu. Dari aku seseorang yang pernah membuatmu jatuh cinta kepadaku, menuliskan namaku dalam dinding kamarmu. Bagaimana kabarmu sekarang? Semoga kamu baik-baik saja.

Sampai bertemu kembali ya, kisahmu aku tuliskan sampai disini. 30 hari sudah aku menceritakan tentangmu, bagaimana aku merasa bahagia, di kecewakan, dan ditinggalkan olehmu. Aku disini baik-baik saja, dan sedang menata mimpiku yang dulu sempat aku ceritakan kepadamu. Tetapi sayangnya impianku tidak dapat aku wujudkan bersamamu. Jalan kita sudah berbeda, sudah tidak lagi searah. Walaupun kamu pernah meninggalkan, aku selalu mengingat kebaikanmu dan juga keluargamu. Terimakasih sudah menerimaku dalam keluargamu. Yang mungkin sebelumnya tidak pernah aku dapatkan bersama yang lain, bagaimana bangganya aku ketika di kenalkan ke dalam ruang kehidupanmu dan juga bertemu dengan keluargamu. Sampai aku bisa dekat dengan adikmu yang lucu dan selalu menyapaku dengan sebutan kak Amel. Terkesan sederhana, tetapi aku merasa bahagia.

Menceritakan kisah ini terkadang membuatku sedih karena harus mengingat kembali saat dimana aku dilukai olehmu. Tetapi entah mengapa di bagian akhir dari cerita ini aku merasakan kesedihan yang berbeda. Sebenarnya alasan mengapa aku sering bertemu denganmu akhir-akhir ini karena aku akan segera kembali ke kota Bandung. Kota dimana aku mengejar mimpi-mimpiku untuk menjadi seorang sarjana. Tadinya kebahagiaanku ini ingin aku persembahkan untuk kedua orang tuaku dan juga untukmu. Tetapi sayangnya Tuhan memiliki rencana yang lain. Aku harus tetap berdiri kokoh dan mengejar mimpi-mimpiku seorang diri tanpa didampingi olehmu lagi. Awalnya aku mengira cukup sulit, karena aku tidak memiliki sandaran di kala aku merasa lelah. Tetapi ternyata aku salah, sampai detik ini bahkan hingga tulisan ini berakhir selama 30 hari aku mampu melewati semuanya seorang diri. Terkadang aku tidak menyangka, ternyata apa yang aku kira kalau diriku tidak akan mampu melewati semua, tetapi aku bisa. Bahkan aku bisa membanggakan diriku dengan sebuah karya yang aku buat.

Mungkin saja kamu suka

Mary
Lengkap!
Sarah Ramadhani...
Lost You
Wulanriii
Syakura Nimas Ayu
Cucun Nr
dengan Cinta

Home

Baca Yuk

Tulis

Beli Yuk

Profil